JavaScript is required to view this page. KODIM 1010 Rantau Berhasil Membina Poktan dan Perternak Ikan di Tapin.

KODIM 1010 Rantau Berhasil Membina Poktan dan Perternak Ikan di Tapin.





RANTAU,-  Kelompok Tani dan Perternak Ikan binaan Kodim1010 Rantau perkenalkan pola baru produk pertanian ramuan pupuk organik yang diolah mereka yaitu ROTAN (Ramuan Organik Tanaman) di Desa Parandakan, Kecamatan Lokpaikat dan ROTER (Ramuan Organik Ternak) di desa Lokpaikat, Kecamatan Lokpaikat, Kabupaten Tapin.

Bupati Tapin HM.Arifin Arpan didampingi Wakil Bupati Tapin H.Syafrudin Noor, Kepala Dinas Pertanian Tapin Wagimin, Kepala Dinas Perikanan HM.Bastian, Kapolres Tapin, AKBP.Eko Hadi Prayitno,SIK, Dandim 1010 Rantau Let.Inf.Rio Neswan, serta Ketua TP-PKK Tapin dan Ibu PERSIT menghadiri acara sosialisasi pola baru produk pertanian organik Poktan dan Perternak Lele, Jum'at (17/7) pagi di kantor Makodim1010 Rantau.

Sersan II Bagus Iswadi anggota Kodim 1010 Rantau selaku pembina kelompok tani dan ternak ini mengatakan, "Sekitar selama 3 tahun kita membina kelompok tani dan ternak. Hingga berhasil menemukan pola baru produk  pertanian organik kelompok tani binaan Kodim1010 Rantau di desa Parandakan ini yang diolah mereka yaitu ROTAN (Ramuan Organik Tanaman) dinilai telah mampu menghasilkan produk tanaman yang bersih, banyak, dan sehat. Tanaman terdiri seperti padi, juga ada tanaman hortikultura seperti semangka, melon, cabai, dan tomat.

ROTER (Ramuan Organik Ternak) di desa Lokpaikat itu pola budidaya ikan lele organik dengan sistem kelompok ternaknya ini mampu menghasilkan panen ikan lele dalam jumlah yang besar. Selain itu efesiensi waktu dan biaya dari mulai penebaran bibit ikan hingga pembesaran lele sampai panennya hanya butuh waktu sekitar 60 hari kerja. Dibandingkan cara ternak biasa yang mungkin sampai setahunan.

"Kolamnya pun dibuat cukup dengan terpal dalam rangka dengan sistem biofloknya. Sebagaimana Bupati Tapin dan Komandan Kodim menjaring ikan lele di kolam tadi secara simbolis,"katanya.

Selanjutnya, hasil tangkapan ikan lele tadi ditambah beras, cabai dibagikan kepada warga masyarakat yang terkena dampak Corona Covid-19 di Tapin.  Dibagikan secara simbolis oleh Bupati dan Wakil Bupati Tapin.

Bupati Tapin HM.Arifin Arpan menyambut baik inovasi program jajaran Kodim 1010 Rantau dibawah Kordinasi Dandim 1010 Let.Inf Rio Neswan beserta anggotanya menampilkan pupuk organik hortikultura untuk tanaman dan ternak. "Hasilnya menggunakan pola ini pertumbuhan bisa lebih cepat dan dapat berkembang lebih baik dan banyak. Dan ini bisa diterapkan petani dan perternak lainnya di Tapin,"katanya kesejumlah wartawan.

Reporter Nasrullah

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih sudah memberikan komentar di Blog Ini