JavaScript is required to view this page. Jalan Menuju Lokasi Beayun Padat Lalu Lintas

Jalan Menuju Lokasi Beayun Padat Lalu Lintas




RANTAU,~ Momentum peringatan Maulid Rasulullah.SAW di Banua Halat dari tahun ke tahun seringkali menjadi titik padat arus lalu lintas karena lokasinya memang menjadi tujuan wisata religius di Masjid Al Mukarammah Banua Halat. Kepadatan lalu lintas ada di jam pagi, dari jam 8 sampai 12 kemudian dilanjutkan jam 1 siang. Jam tersebut adalah jam padat lalu lintas sehari itu setiap perayaan upacara beayun di Banua Halat.

Prosesi upacara beayun maulid identik dengan kemacetan terutama pada jalur utama masuk ke Desa Banua Halat tempat Masjid Al- Mukarammah berada. Ada beberapa lokasi yang kondisi lalu lintasnya terpantau padat pada hari Senin 12 Desember 2016 di antaranya Jalan Perintis Raya arah menuju Lumbu Raya, Desa Keramat hingga Banua Halat. Selanjutnya kedua jalan di desa Mandarahan melalui jalan depan Yayasan Panti maupun belakang Panti dengan arah mengiringi alur sungai  terus hingga ke Banua Halat. Setiap pintu masuk ke Banua Halat di jalur ini terdapat pos pantau yang di dalamnya ada petugas lalu lintas. Bahkan jumlah wisatawan yang dilihat hampir sama dengan tahun lalu atau mengalami penurunan yang signifikan karena jumlah peserta beayun sudah mencapai ribuan lebih.


Lalu jalan mana yang bisa langsung menuju ke Banua Halat yang masih tergolong belum banyak diakses para pengunjung banyak. Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Dinas Pekerjaan Umum Binamarga Kabupaten Tapin telah membangunkan jalan ke Banua Halat sebagai upaya mengurangi kemacetan. Diantaranya melalui Jalan Gerilya Desa Paul hingga tepat simpang pertigaan di bangunan tinggi berupa Sarang Burung Walet berbelok ke kanan, dan itu yang dinamakan Jalan Lingkungan di desa Jingah Babaris Kecamatan Tapin Utara, melalui jalan ini pengunjung bisa langsung ke Banua Halat tepat lokasi beayun maulid.


Jalan Lingkungan Desa Jingah Babaris Kecamatan Tapin Utara. Melalui jalan inilah akses menuju lokasi Beayun Maulid lancar sampai tujuan juga tidak padat lalu lintas.




0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih sudah memberikan komentar di Blog Ini